Puppy Linux 5.0 Lupu
muncul rilis terbaru dari distro Puppy Linux, yaitu Puppy Linux 5.0, atau memiliki code name Lupu (Lucid Puppy). Puppy linux merupakan salah satu distro yang setiap rilis terbarunya selalu saya tunggu. Karena distro ini menurut saya memiliki beberapa keistimewaan. Bagi yang belum mengenal distro puppy, maka akan bertanya – Tanya apa istimewanya distro Linux ini. maka akan saya jelaskan terlebih dahulu mengenai distro Puppy Linux.

Distro yang berbasis di Australia ini memliki keunggulan dengan tampilannya yang menawan, namun tetap ringan untuk dipakai (saya sendiri pernah mencoba menjalankan Puppy linux pada Pc Pentium 2 dan tidak ada masalah dalam pemakainnya). Mungkin yang menyebabkan ringannya distro ini adalah dengan digunakannya destop JWM, yang cukup ringan. Selain itu puppy linux ini selalu menggunakan kernel yang terhitung baru dalam setiap rilisnya. Distro ini juga memiliki ukuran yang sangat kecil, yaitu (pada rilis terakhir 5.0) hanya berukuran 128MB, mengingat aplikasi yang ikut dimasukan dalam distro ini terhitung lengkap, dan sudah tersedia aplikasi office(meskipun sederhana). Selain itu distro ini memiliki manajemen paket tersendiri yaitu PET, seperti yang dimiliki oleh distro – distro besar lainnya. Dengan kelebihan – kelebihan ini tidak mengherankan distro ini berada pada urutan ke 10 dunia padadistrowatch.com.
Seperti yang saya telah jelaskan sebelumnya distro ini pada tanggal 25 mei kemarin merilis versi terbaru yaitu Puppy linux 5.0. pada rilis terbaru ini, sudah menggunakan kernel versi 2.6.33.2, yang terhitung baru. Serta memasukan kembali Phyton dengan versi 2.6.5, setelah absen pada rilis sebelumnya, terakhir phyton dimasukan dalam paket pada rilis 3.01. selain itu aplikasi – aplikasi yang sudah ada mengalami Update, seperti abiword yang kini menggunakan versi 2.8.2 dari 2.6.3 pada rilis sebelumnya.
Untuk mendownloadnya bisa padahttp://www.puppylinux.com/download
Salah satu tampilan dari Puppy linux 5.0 bisa dilihat dibawah ini.

sumber : http://pbiyan123.us/puppy-linux-5-0-lupu.html
 
Top