Mengapa lambang dari LINUX adalah pinguin ?? Itulah pertanyaan yang ditanyakan pada saat saya ujian Linux di Kampus. Selain pertanyaan itu  ada juga pertanyaan siapa nama Pinguin yang menjadi simbol OS Linux ??

kalau saya pikir-pikir kurang kerjaan sekali Asisten Labnya memberikan pertanyaan seperti itu. Namun setelah saya search di Paman Google. Ternyata Pinguin yang menjadi simbol Linux ini memiliki sejarah yang unik. 

tidak seperti sistem operasi lainnya yang menggunaka simbol yang terlihat hebat . seperti Windows yang menggunakan jendela sebagai simbolnya dan Apple yang memilih simbol buah apel. Linux justru memilih simbol seekor Pinguin dengan perut yang besar yang terduduk dan terlihat santai. Hal ini teryata karena sang pencipta Linux yaitu Linus Benedict Torvals pernah digigit oleh binatang tersebut. Pada saat Linus berlibur  ke daerah selatan. Disanalah dia bertemu seekor pinguin yang pendek yang  menggigit jarinya hingga ia terserang demam. Kejadian yang lucu ini merupakan awal terpilihnya pinguin sebagai logo Linux.

lalu oleh seorang seniman yang bernam Larry Ewing dipih untuk membuat gambar penguin yang akan digunakan. hal ini karena para pengembang merasa bahwa Linux sudah memerlukan sebuah logo (1996), dan nama yang terpilih adalah dari usulan James Hughes yaitu "(T)orvalds (U)ni(X) -- TUX!". Lengkaplah sudah logo dari Linux, yaitu seekor pinguin bernama Tux.

selain itu juga penguin dipilih sebagai simbol karena untuk melambangkan kemandirian linux dari vendor-vendor  besar software OS, kebebasannya dan ketangguhannya. Seperti penguin yang mandiri, bebas dan tangguh di iklim dingin.  

Hingga sekarang logo Linux yaitu Tux sudah terkenal ke berbagai penjuru dunia. Orang lebih mudah mengenal segala produk yang berbau Linux hanya dengan melihat logo yang unik nan lucu hasil kerjasama seluruh komunitas Linux di seluruh dunia.
 
Top